welcome

Selamat datang di catatan si Penuntut Ilmu, hidup akan terasa indah jika kita mampu berbagi walaupun itu kecil..kritik dan saran silahkan di kolom komentar!!

Kamis, 29 September 2011

Keterpaduan Keterampilan Membaca dengan Fokus menulis

Ketika kita menulis sesuatu, sebetulnya sekaligus juga membaca sesuatu yang ditulis walau kegiatan membaca yang di lakukan tidaklah secara intensif. Baru kemudian, ketika ingin memeriksa hasil tulisan, kita melakukan aktifitas membaca dengan serius. Lalu , mungkin kita menemukan struktur kalimat atau kata yang tepat sehingga perlu mencoretnya dan menulis kembali dengan menggunakan kalimat atau kata yang lebih tepat.
           
Dalam kehidupan yang modern sekarang ini, melalui sarana internet dan juga telepon genggam, kita dapat berkomunikasi menggunakan tulisan dengan teman, keluarga, dan relasi kerja dengan cepat (dalam waktu real time), seperti kita bertelepon. Kita membaca pesan yang di sampaikan secara tertulis melalui surat elektronik (email) atau fasilitas chatting di internet dari berbagai belahan dunia, kemudian kita pun dapat segera menulis balasannya dengan mengirimkan melalui fasilitas yang tersedia. Disaat lain, kita mungkin perlu membaca sebuah pengumuman, membaca makalah, buku-buku sambil membuat catatan yang perlu. Jadi, tampak jelas bahwa seringkali kita melakukan aktifitas membaca dan menulis secera serentak atau secara bergantian.
            Aktifitas membaca dapat meningkatkan kemampuan menulis, kontribusi aktifitas membaca terhadap kegiatan belajar menulis dapat diduga, antara lain berikut:
1.   Penguasaan kata-kata dan istilah-istilah baru, kalimat, dan pemakaian ejaan ketika belajar membaca akan memberi sumbangan positif dalam menulis.
2.   Organisasi bahan bacaan dapat menjadi contoh dalam penorganisasian tulisan dalam menulis.
3.   Dalam menulis tingkat lanjut, informasi yang di peroleh dalam bacaan dapat menjadi sumber ide atau sumber data bagi tulisan yang akan disusun.

            Contoh-contoh aktivitas membaca yang dapat dikaitkan dengan latihan menulis :

1.    Membaca cerita/ dongeng dan aktifitas menulis
            Selesai membaca cerita/ dongeng anda dapat melakukan aktivitas latihan menulis yang bervariasi,misalnya :
a)    Menuliskan nama-nama tokoh dalam cerita dan memberi komentar secara tertulis trhadap karakter tokoh.
b)    Melengkapi bagian akhir cerita yang sedang dibaca
c)    Menulis kembali cerita dengan  menggunakan kalimat dan pilihan kata sendiri.
d)    Menulis pernyataan rasa suka dan tidak suka terhadap tokoh-tokoh atau jalan cerita besrta alasan-alasannya.

2. Membaca puisi dan aktivitas menulis
            Kita dapat berlatih menulis dalam kaitan dengan aktifitas membaca puisi yang anda sukai. Dalam hal ini setelah kita selesai membaca puisi, ceritakan isi puisi itu secara tertulis dengan menggunakan kata-kata sendiri. Dengan kata lain, kita ubah sebuah puisi menjadi sebuah prosa.Kita juga dapat melanjutkan latihan menulis dalam wujud menuliskan perasaan kita terhadap puisi tersebut. Latihan ini akan membuat kita memperoleh keterampilan membuat resensi.
            Setelah anda melakukan aktifitas diatas, anda juga dapat  menuangkan perasaan kedalam bentuk puisi,

3. Membaca dan menulis petunjuk, pengumuman, poster, iklan, dan surat
            Kita dapat belajar dan berlatih menulis petunjuk, pengumuman, poster dan surat dengan cara membaca jenis-jenis tulisan itu terlebih dahulu. Misalnya pada surat dinas, surat dinas terdiri atas unsur hal, nomor, tanggal, alamat yang dituju, pembuka surat, isi surat, dan penutup surat. Pelajari juga tata letaknya. Misalnya hal dan nomor surat letaknya di sudut kiri atas kertas.

4. Menulis rangkuman bacaan
            Dalam membuat ringkasan, pertama kita cari gagasan utama atau tema setiap paragraf dari suatu bahan bacaan. Selanjutnya kita memberi tanda-tanda serta catatan sehubungan dengan gagasan pokok bacaaan tersebut. Terakhir, barulah kita menulis ringkasan bahan bacaan yang dimaksud dengan berpedoman pada tanda-tanda dan catatan yang telah dibuat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar