welcome

Selamat datang di catatan si Penuntut Ilmu, hidup akan terasa indah jika kita mampu berbagi walaupun itu kecil..kritik dan saran silahkan di kolom komentar!!

Minggu, 27 November 2011

PENGUMPULAN DAN PENGOLAHAN INFORMASI HASIL BELAJAR


 PEMERIKSAAN DAN PENGOLAHAN HASIL TES
1.    Pemeriksaan Hasil Tes Objektif
a.    Pemeriksaan secara manual
è Dilakukan jika jumlah peserta tes tidak terlalu banyak
è Caranya: membuat master kunci jawaban pada lembar jawaban kosong.  Master jawaban digunakan untuk memeriksa hasil jawaban siswa.
b.    Pemeriksaan dengan menggunakan fasilitas komputer
Prinsip kerja pemeriksaan jawaban:
è Semua jawaban siswa di-scan.
è Identitas data siswa yang terisi benar dipisahkan dari yang terisi salah melalui proses editing.
è Data yang salah diperbaiki melalui proses up-dating.
è Setelah semua identitas siswa benar, kunci jawaban dimasukkan ke dalam komputer.
è Menghitung jawaban yang benar dari setiap siswa melalui proses scoring.


2.    Pemeriksaan Hasil Tes Uraian
a.    Setiap lembar jawaban siswa sebaiknya diperiksa oleh dua orang pemeriksa
b.    Prosedur Pemeriksaan:
-  Kedua pemeriksa menyamakan persepsi untuk mencari kesepakatan cara memeriksa jawaban siswa.
-  Pemeriksa mengujicobakan pedoman penskoran yang sudah disepakati dengan memeriksa 5 – 10 lembar jawaban siswa.
-  Pemeriksaan jawaban siswa dilaksanakan setelah uji coba pemeriksaan menunjukkan hasil pemeriksaan yang baik.
-  Pemeriksa menentukan skor yang diperoleh setiap siswa.

3.    Pengolahan Data Hasil Tes
a. Untuk tes objektif
                                                       Jumlah Jawaban yang Benar
       Persentase Penguasaan =  -------------------------------------------------- x 100% 
                                                       Jumlah Butir Soal

b. Untuk tes uraian
Jumlah Skor yang Diperoleh Siswa
       Persentase Penguasaan =  -------------------------------------------------- x 100% 
                                                       Jumlah Skor Maksimal


4.    Pengolahan Data dari Pengukuran Unjuk Kerja Siswa (melalui Skala Rating atan Skala Sikap dari Likert)
a.    Hitung jumlah skor maksimak dan minimal yang mungkin diperoleh siswa untuk semua indikator.
b.    Jumlahkan skor yang diperoleh setiap siswa.
c.    Tentukan tingkat keterampilan siswa dengan cara membandingkan jumlah skor yang diperoleh setiap siswa dengan jumlah skor maksimal kali 100%, kemudian bandingkan skor tersebut dengan standar yang telah ditetapkan.

PENDEKATAN DALAM PENILAIAN
1.    Pendekatan Penilaian Acuan Norma (PAN)
Pendekatan untuk menginterpretasikan hasil belajar siswa dengan membandingkannya dengan hasil belajar yang diperoleh kelompoknya.
2.    Pendekatan Penilaian Acuan Patokan (PAP)
Pendekatan untuk menginterpretasikan hasil belajar siswa dengan membandingkannya dengan kriteria yang telah ditetapkan sebelumnya.

PENYAJIAN HASIL PENILAIAN
1.    Penilaian dengan menggunakan angka (1 – 10 atau 1 – 100)
2.    Penilaian dengan menggunakan kategori (baik, cukup, kurang; terampil, cukup terampil, kurang terampil)
3.    Penilaian dengan menggunakan narasi atau uraian
4.    Penilaian kombinasi (angka, kategori, dan narasa/uraian

sumber : PDGK 4301 "evaluasi pembelajaran si SD"

1 komentar: