welcome

Selamat datang di catatan si Penuntut Ilmu, hidup akan terasa indah jika kita mampu berbagi walaupun itu kecil..kritik dan saran silahkan di kolom komentar!!

Jumat, 04 November 2011

PRINSIP-PRINSIP PEMBERIAN NILAI


Penilaian kelas adalah proses pengumpulan informasi oleh guru tentang perkembangan dan pencapaian pembelajaran yang dilakukan anak didik melalui berbagai teknik yang mampu mengungkapkan, membuktikan, atau menunjukan secara tepat bahwa tujuan pembelajaran dan kemampuan (kompetensi) telah benar-benar dikuasai dan dicapai.
Agar pemberian nilai dapat memberikan fungsi secara optimal, dalam melakukan penilaian guru hendaknya selalu berpedoman kepada prinsip-prinsip penilaian kelas sebagai berikut;
a.       Proses pemberian nilai merupakan bagian dari pembelajaran.
Penilaian merupakan bagian integral dari proses belajar mengajar, oleh karena itu penilaian mencakup penilaian proses dan hasil belajar. Penilaian harus digunakan sebagai proses untuk mengukur dan menentukan tingkat ketercapaian kompetensi, dan sekaligus untuk mengukur efektifitas proses pembelajaran.
b.      Penilaian mencerminkan masalah dunia nyata.
Penilaian harus dapat mengarahkan siswa untuk memahami keterkaitan kemampuan yang diperoleh dari proses pembelajaran dengan masalah yang dihadapi dalam masyarakat.
c.       Menggunakan berbagai metode, ukuran dan criteria.
Teknik penilaian yang dapat digunakan meliputi tes tertulis, performance test, penilaian produk, penilaian proyek, peta perkembangan, evaluasi diri, penilaian sikap, dan protofolio.
d.      Penilaian harus bersifat holistic.
Penilaian harus mencakup semua aspek dari tujuan pembelajaran baik kognitif, afektif, maupun sensori-motorik
e.       Penilaian kelas mengacu kepada kemampuan (competency referenced)
Dalam melakukuan penilaian harus sejalan dengan pelajaran yang telah diterima oleh siswa. Materi penugasan merupakan butir-butir yang harus dicapai oleh siswa.
f.       Berkelanjutan.
Penilaian merupakan proses yang berkelanjutan dalam satu semester/ satu tahun.
g.      Didaktis.
Penilaian diharapkan bersifat mendidik, dapat memacu siswa untuk meningkatkan prestasi belajarnya. Hal ini dapat dilakukan dengan memberikan hadiah kepada siswa yang berprestasi.

h.      Menggali informasi
Penilaian hendaknya dapat memberikan informasi yang cukup bagi guru untuk mengambil keputusan dan umpan balik. Soal dan tugas sangat dianjurkan dalam bentuk uraian dan pemecahan masalah.
i.        Melihat yang benar dan yang salah
Dalam melakuklan penilaian hendaknya melakukan analisis terhadap hasil penilaian dan kerja siswa secara seksama untuk melihat adanya kesalahan yang secara umum terjadi pada siswa dan sekaligus hal-hal yang positif yang diberikan siswa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar